Lima Ciri Karakteristik Guru Disukai Siswa

Kota Bima, Spensa.- Mengutip artikel yang ditulis oleh SEO Content Writer Pahamify, Fitri Dewanty (20/04/2021), humas SMP Negeri 1 Kota Bima memaparkan 5 ciri karakteristik guru yang baik dan yang sangat disukai oleh peserta didiknya. Adapun 5 ciri karakteristik guru baik dan disukai siswa tersebut adalah guru yang mampu membangun hubungan yang akrab dengan peserta didiknya (baca-lebih dekat), memiliki kepedulian terhadap siswanya, dan mampu berbagi cerita positif dengan siswanya. 

Secara umum, guru yang baik dan populer di kalangan siswa memiliki beberapa karakteristik antara lain 1) mampu menjelaskan materi pelajaran dengan baik dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswanya. 2) guru mampu mengenali siswanya dengan baik. Pentingnya guru mengenal siswa dengan baik agar merasa dihargai karena dikenali oleh gurunya. 3) guru tidak membanding-bandingkan siswa dengan siswa lainnya. Hal itu terkait dengan ketidaksukaan setiap orang untuk dibanding-bandingkan dengan siapapun. Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan dengan orang lain, begitu juga siswa. Karakteristik guru yang baik biasanya mengetahui bahwa kemampuan setiap siswanya berbeda-beda.  Ada yang mampu memahami materi secara cepat, ada juga yang harus dijelaskan secara rinci terlebih dahulu baru bisa menyerap materinya. Maka dari itu, guru yang disukai siswa tidak akan membandingkan atau menghakimi siswanya karena masalah kompetensi tersebut.  4) guru mampu memposisikan diri dalam berbagai situasi. Hal itu sangat berhubungan dengan peran guru di sekolah. Guru memiliki peran yang sangat sentral di sekolah. Sehingga tidaklah heran kalau sebagian orang mengatakan bahwa guru sebagai orang tua kedua bagi siswa. Selain memposisikan diri sebagai guru, terkadang dalam situasi tertentu seorang guru juga harus menempatkan dirinya sebagai orang tua, sahabat, motivator, atau bahkan menjadi mediator bagi siswanya. 5) guru yang menyediakan dirinya menjadi tempat bercerita bagi siswanya. Dalam artian, selain mampu mendengarkan cerita siswa dengan baik, guru juga dituntut sebagai subyek yang dapat dipercaya untuk menjaga kerahasiaan cerita siswanya. 

Guru yang baik akan menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pola pembelajaran yang diajarkan pun bisa merangkul dan menyatukan visi misi setiap siswanya. Jika siswa sudah merasa senang dengan cara guru mengajar, otomatis minat mereka terhadap mata pelajaran tersebut akan meningkat. Hal ini tentu berdampak pada prestasi atau hasil belajar siswa yang memuaskan. (humas)