Berita Kegiatan P5 di Kelas 9.5 Siswa-Guru Bangun Jiwa Raga Bersama ‘Gemu Fa Mi Re’
Kota
Bima, Spensa.- Tim pengampu proyek penguatan profil
pelajar Pancasila (P5) kelas 9-5 SMP Negeri 1 Kota Bima, Nurasiatun, S.Pd.,
Fatimah, S.Pd., dan Supardan Nasir, S.Pd., berhasil menciptakan suasana ceria
dan sehat pada seluruh peserta didik kelas 9.5, Rabu 16/10/2024). Kegiatan P5
yang bertema “Bangunlah Jiwa Raganya” ini dilaksanakan dengan cara yang
menyenangkan melalui senam bersama diiringi irama lagu ceria yang sudah tidak
asing lagi bagi dunia pendidikan dan perguruan senam di Indonesia, lagu “Gemu
Fa Mi Re”.
Kegiatan senam bersama ini bertujuan untuk
membangkitkan semangat siswa, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta
menanamkan nilai-nilai positif seperti kerjasama dan kebersamaan dalam
menciptakan kebugaran dan hangatnya tubuh di pagi hari sebelum memulai
aktivitas kehidupan. Melalui gerakan-gerakan sederhana yang mudah diikuti,
siswa diajak untuk bergerak aktif dan menjaga kebugaran tubuh.
Kendatipun dilaksanakan dalam ruang kelas
yang ukurannya 8 x 9 meter, namun mereka bersama tim guru pengampu P5 sukses
dengan gembira, tawa-ria penuh keceriaan bergerak mengikuti irama musik dan
gerakan yang dipandu oleh tim pengampu P5.
Dengan dipandu iringan musik dan irama lagu
‘Gemu Fa Mi Re’, guru dan siswa mengikuti irama “Putar ke kiri e, Nona manis putarlah ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke
kiri dan ke kiri, ke kiri, ke kiri manis e….. mereka pun terus berputar-putar
ke kiri dengan pinggang dan tangan meliuk-meliuk gembira. Lalu mereka pun
memutar bergesek ke kanan mengikuti panduan irama, “Sekarang kanan e, Nona manis putarlah ke kanan, ke kanan, ke kanan, ke
kanan, ke kanan, ke kanan, ke kanan, ke kanan manis e….” lalu tawa ria
penuh kegembiraan pun pecah memenuhi interior ruang kelas di pagi itu.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan
siswa kelas 9-5 dapat lebih semangat menjalani proses pembelajaran dan memiliki
kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu, kegiatan senam bersama juga menjadi
salah satu upaya sekolah dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang
berkarakter, bergotong royong, mandiri, aktif dan inovatif dalam melaksanakan
aktivitas kehidupannya sehari-hari.
Melalui P5 itu, diharapkan terciptanya
hubungan harmonis, dan komunikasi yang terbuka antara peserta didik dengan
guru. Dengan suasana ceria dan gembira dengan keasyikan yang penuh dengan
kehangatan yang terbangun dari gerakan-gerakan rileks tersebut, peserta didik
tidak merasa canggung lagi dengan gurunya dan merasa selangkah lebih dekat dengan
gurunya untuk mencapai titik maksimal dalam membangun hubungan komunikasi yang
sehat, terbuka, terutama terkait dengan bagaimana cara mereka mengungkapkan
kebutuhan belajarnya kepada gurunya.
Usai pelaksanaan goyang rileks bersama
dengan ‘Gemu Fa Mi Re’ tampak dengan jelas keceriaan dan kegembiraan di raut
wajah seluruh peserta didik. Senyum dan tawa mereka seolah mengungkapkan bahwa
mereka sangat ingin suasana hangat dan penuh ceria seperti itu selalu bersama
mereka dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. (nur asiatun)