Implementasi Vocabulary Ponounciation Mapel Bahasa Inggris Kelas VII-7 SMP Negeri 1 Kota Bima

Ponounciation dalam bahasa indonesia di sebut “Pengucapan”. Pronounciation adalah pengucapan bahasa inggris harus tepat dan benar agar membuat pengucapan lebih mudah dipahami oleh pendengar.
English prononciation adalah ilmu yang mempelajari teknik/tata cara melafalkan kosa kata. Bahasa inggris salah satu poin yang lumayan pelik, dibanding kalimat bahasa (grammar),dan perbendaharaan kata (Vocabularies).
English pronounciation sangatlah penting. Salah satu pakar yang ernama Botley tahun 2017, memaparkan bahawa English pronounciation itu penting di mana banyak bunyi dan kata dalam bahasa inggris yang sulit diucapakan dengan benar. Memiliki pelafalan yang baik dapat membuat komunikasi kita dengan lawan bicara atau native speaker menjadi lebih mudah dimengerti. Bagi masyarakat kita yang dari bangku sekolah menengah dasar hingga perkuliahan, belajar bahasa inggris hanyalah sebuah formalitas sehingga pronounciation dalam bahasa inggris dianggap sepele. Padahal dengan memahami dan memiliki English pronounciation yang benar, dapat membuat kita lebih unggul dalam memenangkan persaingannya dan tidak menimbulkan kesalapahaman sat berbicara dengan native speaker. Masih menurut Bosley tahun 2017 bahwa menjaga pelafalan dengan benar dapat membantu menguasai bahasa inggris lebih cepat dan menjadi lebih fasih jika sering melakukan English pronouncition dengan benar, dapat meningktkan kepecayaan diri dan ketrampilan komunikasi untuk menguasai English prononciation, siswa dansiswi pada umumnya perlu berlatih mengucapkan kosa kata bahasa inggris setiap hari. Namun, sebelum bisa mengucapkan bunyi atau intonasi kata dengan benar, pertama-tama kita perlu mendengar dahulu dari penutur asli (Native speaker).
Guru mata Pelajaran Bahasa Inggris A.n Sri Fitriyani, M.Pd, implementasi yang dilakukannya di dalam kelas adalah meminta siswa dan siswinya untuk mengidentifikasi masing-masing sepuluh kosa kata benda yang ada di buku paketnya dan menulis di atas kertas kemudian di hafal setelah itu pembelajaran dimulai dengan pelafalan atau pengucapan. Pembelajaran tersebut tidak menggunakan kertas atau buku paket didepan kelas, namun mengenalkan kosa kata bahasa inggris dengan cara menghafal. Kosa kata yang diberikan hanya masing-masing 10 (sepuluh) kosa kata. Kosa kata tersebut diberikan sesuai dengan waktu apabila memberikan banyak kosa kata dalam satu waktu pembelajaran , maka pembelajaran tidak maksimal karena memerlukan waktu yang panjang.
Dibawah ini penjelasan singkat yang dilakukan siswa di depan kelas mengenai lambang atau simbol pelafalan huruf konsonan dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut:
Book /buk/
Cook /kuk/
Foot /fut/
Good /gud/
Hook /huk/
Took /tuk/
Ship/sip/
Goose /gu:s/
Loop /lu:p/
Kosa kata benda tersebut diatas adalah salah satu contoh yang dilafalkan S siswa di depan kelas, mereka dipanggil secara berurutan berdasarkan absen jika tidak sesuai nama yang ada diabsen maka mereka akan berebutan maju karena mereka sangat antusias dengan menerapkan metode belajar seperti ini. Dan Implementasi pegucapan kosa kata benda dalam bahasa inggris ini dilakukan satu minggu sekali sesuai dengan tema yang ditentukan. Guru sangat interaktif, menguasai kelas dan terbuka dalam mengajarkan kosa kata bahasa inggris sehingga anak-anak senang dan dapat mengikuti kegiatan dengan tertib. Guru beharap pada pembelajaran selanjutnya siswa akan lebih bagus lagi pengucapannya dalam bahasa inggris.
Dengan mengimplementasikan bahasa inggris sebagai bahasa asing dengan baik stimulus dan dukungan dari orangtua juga sangat penting untuk menerapkan pembelajaran bahasa inggris di rumah untuk mengulang pembelajaran atau mendukung anak-anaknya untuk mengikuti kursus bahasa inggris di luar jam pelajaran mereka demi untuk meningkatkan pemahaman bahasa inggris anak-anaknya. (Sri Fitriani, M.Pd)