Mapel IPA Laksanakan Pengamatan Listrik Statis

Foto : kelas IX.2 SMP Negeri 1 Kota Bima melaksanakan percobaan dan pengamatan listrik statik, Senin (30/10/2023) (doc.humas)

Kota Bima, Spensakota Bima, Spenskelas IX.2 SMP Negeri 1 Kota Bima melaksanakan percobaan dan pengamatan listrik statik, Senin (30/10/2023). Percobaan pengamatan terhadap arus listrik statik itu bertujuan untuk menentukan cara memberikan muatan listrik pada benda. Guru pengampu mata pelajaran IPA, Supardan Nasir, S.Pd mengingatkan kepada semua peserta didiknya untuk membawa alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan dan pengamatan tersebut. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah penggaris plastik, kertas secukupnya, rambut kering, dan 1 buah sisir plastik. 

Untuk terstrukturnya percobaan dan pengamatan itu, Supardan membagikan selembar format berupa ‘Lembar Kerja Siswa’ (LKS) teks rekaman percobaan yang isinya terdiri atas judul, tujuan, alat dan bahan, langkah kerja, hasil dan pembahasan (sejumlah pertanyaan untuk diisi sebagai struktur bagian hasil percobaan dan pengamatan), dan simpulan percobaan dan pengamatan. 

Dalam format langkah kerja percobaan dan pengamatan itu disebutkan, letakkan potongan kertas di atas meja. Gosoklah sebuah sisir plastik pada rambut keringmu, lalu dekatkan sisir tersebut pada potongan-potongan kertas. Tuliskanlah apa yang kamu amati. Kemudian biarkanlah kertas itu menempel pada sisir selama beberapa detik , lalu tulislah apa yang kamu amati setelah beberapa detik berlalu. 

Pada bagian hasil dan pembahasan yang merupakan bagian penting sebuah teks laporan percobaan dan pengamatan, Supardan Nasir mengajukan 7 butir pertanyaan untuk dijawab dan dijelaskan oleh peserta didiknya.

1) jenis muatan apakah yang dimiliki sisir dan rambut tersebut sebelum saling digosokkan?

2) jenis muatan apakah yang dimiliki rambut dan sisir setelah saling digosokkan?

3) pada saat sisir tersebut didekatkan pada tisu, mengapa tisu itu tertarik (terangkat) oleh sisir?

4) setelah beberapa saat tisu itu menempel pada sisir, mengapa tisu itu terlepas kembali?

5) bagaimana kamu membuat elektron pindah dari satu benda ke benda lain dalam kegiatan ini?

6) apa yang terjadi pada suatu benda yang tidak bermuatan listrik, jika benda itu mendapatkan atau kehilangan electron?

7) jelaskan proses perpindahan muatan listrik berdasarkan teori  atom Rutherford? 

Kegiatan percobaan dan pengamatan muatan listrik statis itu diikuti seluruh peserta didik dengan teliti mengamati seluruh peristiwa yang terjadi pada sisir dan pada kertas/tisu. Tampak mereka menulis apa saja yang mereka lihat dalam pengamatan itu, sembari berdialog, bertanya dan memberikan penjelasan seperlunya baik kepada gurunya maupun kepada teman-temannya sebagai proses belajar kreatif, aktif, inovatif dan tampak sangat menyenangkan mereka.

Pada percobaan itu diharapkannya, siswa dapat memahami dan mendapatkan pengalaman tentang bagaimana cara membuat penghantaran listrik dan suatu benda bermuatan listrik statis. (humas)