Rombel Kelas IX Pembelajaran Berbasis Teks

Kota Bima, Spensa.- Pembelajaran berbasis teks merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan sesuai dengan teks yang diajarkan. Pada pembelajaran berbasis teks di kelas, siswa dituntut untuk memahami setiap jenis teks kemudian mendemonstrasikan struktur isi dan bahasanya.Melalui pendekatan ini diharapkan siswa mampu memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya.  Bahasa Indonesia diajarkan bukan hanya sekedar untuk memahami pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks-kontek sosial budaya. 

Foto : Kegiatan Pembelajaran Berbasis Teks Rombel Kelas IX. 19/10/2023 (doc.humas)

Dalam pembelajaran topik teks tanggapan  santun (bab IV), semua siswa kelas IX diberikan pemahaman dalam 4 tahap yaitu (1) membangun konteks, 2) pemodelan teks, (3) pembuatan teks secara bersama-sama (kelompok), dan (4)  pembuatan teks secara mandiri. Bahasa Indonesia diajarkan bukan hanya untuk membangun fungsi utamanya sebagai sarana komunikasi, melainkan juga merupakan sarana pembentuk pikiran. Dalam rangka pembentukan kompetensi komunikasi dan dan kognisi, menyusun teks tanggapan merupakan topik yang tepat untuk mambangun, membentuk dan mengembangkan kompetensi komunikasi dan kognisi siswa terhadap sesuatu dan lingkungannya.

Setelah melewati tahap ke 3 yaitu menyusun teks tanggapan secara bersama terhadap sebuah karya seni lukis “Hay Making” sebuah karya seni lukis di atas kanvas berbahan cat air tahun 1884 yang diunduh melalui internet, maka sejak Rabu (18/10/2023) seluruh kelas IX memasuki tahap ke 4 yaitu membuat teks tanggapan santun secara mandiri terhadap kisah Michael Jordan sang Legendaris Basket Internasional yang diunduh dari google. Dengan bermodalkan masing-masing 1 unit handphone android dan sedikit paket internet, masing-masing siswa menekuni tugas mandiri penuh semangat. Dalam tugas mandiri menanggapi kisah sukses Michael Jordan itu, setiap siswa mengikuti kerangka struktur teks tanggapan yaitu mambangun konteks dengan mendeskripsikan apa yang ditanggapi, di mana, kapan, peristiwa itu terjadi, dan peristiwa apa? Kemudian membangun kemampuan tanggapannya yaitu mendiskripsikan apa dan bagaimana sesuatu itu terealisasi, terjadi, diciptakan atau dihasilkan? Dan terakhir memberikan penilaian terhadap teks yang mengisahkan tentang Michael Jordan yaitu apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu.

Foto : Kegiatan Pembelajaran Berbasis Teks Rombel Kelas IX. 19/10/2023 (doc.humas)

Tugas terakhir dari penyusunan teks tanggapan secara mandiri terhadap Michael Jordan adalah setiap siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Direncanakan presentasi tugas siswa tersebut dilaksanakan selama 2 kali pertemuan untuk setiap rombel. Dari hasil kerjanya yang dapat dipresentasikan dengan baik, diharapkan tujuan kegiatan pembelajaran bahasa dapat tercapai dengan baik, yaitu diharapkan siswa memiliki kemampuan mendengarkan/menyimak, membaca, menulis dan kemampuan berbicara. (humas)