Pembelajaran Berbasis Teks Siswa Rombel IX .6 Analisis Unsur Intrinsik Cerpen

Kota Bima, Spensa.- Rombongan belajar (rombel) kelas IX.6 SMP Negeri 1 Kota Bima, mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan analisis unsur intrinsik Cerita Pendek (Cerpen) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, Selasa (10/10/2023). Setiap siswa di kelas itu bebas memilih cerpen kecuali cerpen bertema cinta dan vulgar. 

Foto : Pembelajaran Berbasis Teks Siswa Rombel IX .6  Analisis Unsur Intrinsik Cerpen bersama Hj.Laely Firdaus, S.Pd. 10/10/2023 (doc.humas)

Guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Hj Laely Firdaus, S.Pd mengatakan bahwa setiap siswa diberikan tugas dan beban yang sama, yaitu mencari cerpen yang topiknya bebas kecuali cerpen topik percintaan dan yang vulgar tidak diperbolehkan. Pantauan Humas SMP Negeri 1 Kota Bima, puluhan siswa memadati  ruang Perpustakaan Sekolah meminjam buku kompulan cerpen. Di tempat ini banyak koleksi buku cerpen dan bahkan buku kumpulan dongeng cerita rakyat yang ada di seluruh daerah Nusantara. 

Foto : Siswa Rombel IX .6  Analisis Unsur Intrinsik Cerpen diperpustakaan. 10/10/2023 (doc.humas)

Hj. Laely Firdaus menugaskan muridnya untuk menuliskan apa topik atau tema yang menjiwai cerpen tersebut, mencatat siapa tokoh utama dan tokoh pembantunya, setting waktu dan tempat, peristiwa apa saja yang terjadi baik yang menimpa tokoh atau yang dilakukan oleh tokoh, alur cerita apakah yang digunakan dalam cerpen terdapat apakah alur maju atau mundur atau perpaduan keduanya. Kemudian siswanya juga diminta untuk menuliskan apa pesan moral yang disampaikan dalam cerpen tersebut. (humas)