Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Pemahaman Rumus Suhu pada Siswa SMP Kelas VII
Pembelajaran IPA SMP di Kelas VII-4 khususnya pada materi suhu dan perubahannya, sering kali dianggap sulit oleh sebagian siswa karena melibatkan konsep abstrak dan perhitungan matematis. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menerapkan metode tutor sebaya, yaitu metode di mana siswa yang sudah memahami materi membantu menjelaskan kepada teman sekelasnya. Metode ini dinilai efektif karena siswa cenderung lebih mudah memahami penjelasan dari teman sebayanya yang menggunakan bahasa dan cara berpikir serupa. Dalam konteks pembelajaran rumus suhu, seperti konversi antara Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur, metode tutor sebaya dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keaktifan belajar siswa kelas VII.
Penerapan metode tutor sebaya dalam menjelaskan rumus suhu terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Siswa yang berperan sebagai tutor menjadi lebih percaya diri dan memahami materi secara lebih mendalam, sementara siswa yang dibimbing merasa lebih nyaman untuk bertanya dan berdiskusi. Melalui kegiatan ini, pemahaman konsep suhu tidak hanya diperoleh melalui hafalan rumus, tetapi juga melalui penjelasan dan contoh nyata dari teman sekelas. Dengan demikian, metode tutor sebaya dapat dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman, kerja sama, dan motivasi belajar siswa SMP kelas VII pada materi suhu.
( Lis Herlina )