Membangun Generasi Unggul: "Hari Belajar Guru" dan Transformasi Pembelajaran Deep Learning di SMPN 1 Kota Bima
SMP Negeri 1 Kota Bima telah lama dikenal sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen pada peningkatan mutu. Komitmen ini diwujudkan salah satunya melalui kegiatan "Hari Belajar Guru"( HBG) yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu dan diikuti oleh seluruh dewan guru. Kegiatan ini bukan sekadar rutinitas, melainkan sebuah platform strategis untuk mengakselerasi kompetensi guru, terutama dalam mengimplementasikan model pembelajaran yang selaras dengan tantangan masa depan dan visi sekolah.Saat ini, fokus utama "Hari Belajar Guru" diarahkan pada penguasaan dan penerapan Model Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) sebagai landasan filosofis dan praktis untuk mencapai visi sekolah.
Deep Learning dalam konteks pendidikan (sering disebut Pembelajaran Mendalam) berbeda dengan kecerdasan buatan, melainkan menekankan pada proses pembelajaran yang bermakna (meaningful), berkesadaran (mindful), dan menyenangkan (Joyful). Pendekatan ini bertujuan untuk menggerakkan siswa dari sekadar menghafal fakta (surface learning) menuju pemahaman konseptual yang kuat, kemampuan berpikir kritis, serta penerapan pengetahuan dalam berbagai konteks kehidupan nyata."Hari Belajar Guru" di SMPN 1 Kota Bima dirancang sebagai sesi workshop dan kolaborasi yang interaktif, jauh dari format seminar satu arah. Kegiatan ini fokus pada praktik pedagogis konkret dalam menerapkan Deep Learning.
Melalui "Hari Belajar Guru" yang berfokus pada Deep Learning, SMPN 1 Kota Bima sedang berupaya bertransformasi dari sekolah yang berorientasi pada nilai akhir menjadi sekolah yang berfokus pada kompetensi holistik siswa.Para guru diharapkan menjadi fasilitator yang mendorong siswa untuk bertanya, bereksplorasi, dan menemukan solusi, menjadikan proses belajar sebagai pengalaman yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Transformasi ini merupakan langkah nyata SMPN 1 Kota Bima dalam menyiapkan generasi unggul yang siap menghadapi tantangan global dan memiliki karakter kuat, sejalan dengan cita-cita besar yang tertuang dalam visi dan misi sekolah.
(Kusmiyati)