Kolaborasi Guru BK dan Guru Mata Pelajaran, Kunci Sukses Pendidikan Karakter
Era pendidikan modern menuntut sekolah untuk tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik (kognitif) siswa, tetapi juga pada perkembangan emosional, sosial, dan karier mereka secara menyeluruh. Dalam konteks ini, peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi sangat vital.
Namun, efektivitas layanan BK tidak dapat berdiri sendiri. Diperlukan kolaborasi aktif dari seluruh ekosistem sekolah, khususnya Guru Mata Pelajaran (Mapel), untuk menciptakan keseimbangan antara pengembangan pengetahuan dan pembentukan karakter siswa.
Kolaborasi antara Guru BK dan Guru Mapel kini diakui sebagai strategi efektif dalam membangun lingkungan belajar yang suportif, inspiratif, dan inklusif. Melalui sinergi ini, sekolah mampu melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga tangguh secara mental serta berkarakter mulia.
(Masitha)