Implementasi PM IPA dengan tema "Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia" untuk murid kelas VII-8 di SMPN 1 Kota Bima.

Kota Bima, 16 Oktober 2025
Implementasi Pembelajaran Mendalam: Perubahan Fisika dan Kimia
1. Pendekatan Pembelajaran
Pembelajaran ini menggunakan pendekatan praktik langsung dan eksperimen sederhana yang dirancang agar siswa lebih mudah memahami konsep perubahan zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini selaras dengan prinsip Pembelajaran Mendalam (sering disebut Deep Learning Approach dalam konteks pendidikan) yang mengutamakan pemahaman konsep yang bermakna melalui aktivitas yang menggembirakan.
2. Aktivitas Inti
Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi secara aktif melakukan eksperimen untuk mengamati perbedaan nyata antara:
Perubahan Fisika: Contoh yang diamati termasuk mencairnya es dan melelehnya lilin.
Perubahan Kimia: Contoh yang diamati meliputi terbentuknya gas saat cuka bereaksi dengan soda kue dan kertas yang dibakar.
3. Alat dan Bahan
Eksperimen menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan di rumah (misalnya, cuka, soda kue, kertas, lilin), yang membuat pembelajaran terasa lebih dekat dengan pengalaman nyata siswa dan memungkinkan mereka menghubungkan teori dengan praktik secara langsung.
4. Hasil dan Dampak
Kegiatan ini dilaporkan menghasilkan suasana belajar yang seru dan penuh semangat. Selain menambah pengetahuan, kegiatan ini juga melatih keterampilan esensial seperti:
Berpikir kritis
Kerja sama (siswa bekerja dalam kelompok)
Komunikasi (berdiskusi, mencatat hasil pengamatan, dan menyimpulkan jenis perubahan).
Oleh : Suhardin,S.Pd.